Dewan Pers Verifikasi Faktual Rakyatterkini.com

Rakyatterkini (Padang) – Dewan Pers melakukan verifikasi faktual ke sejumlah media online di Kota Padang, tak terkecuali www.rakyatterkini.com

Asep Setiawan anggota Dewan Pers yang bertindak sebagai tim verifikator didampingi oleh Staf Sekretariat dari Dewan Pers, Watini melakukan pengecekan struktural, dokumen dan administasi perusahaan pada Kamis (31/10) di Komplek Palm Raya Blok C/1 Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji.

“Saya menekankan betapa pentingnya untuk uji kompetensi bagi wartawan di Sumatera Barat (Sumbar) untuk menekan banyaknya wartawan abal-abal,” katanya disela-sela melakukan pemeriksaan berkas perusahaan media yang berdiri pada 2017 tersebut.

Ditambah oleh mantan Editor kompas.com tersebut, verifikasi pada suatu media berdasarkan aturan yang tertuang di Undang-undang (UU) Pers nomor 40 tahun 1999 tentang kebebasan pers.

“Saya menargetkan hingga 2020 mendatang, ada sebanyak 200 media yang telah terverifikasi secara administrasi dan faktual. Dengan demikian, media bisa lebih tenang dan jika bermasalah dalam hal pemberitaan, maka media yang sudah berlisensi dari Dewan Pers tak segan untuk segera melaporkan ke kami,” ujarnya.

Pemimpin Umum rakyatterkini.com, Guspayendri mengapresiasi langkah yang diambil oleh Dewan Pers dalam melakukan verifikasi faktual. “Ke depan, kami tinggal melakukan penyempurnaan dari struktural dan diisi oleh orang yang sudah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi (Pimred), Amril Jambak menyebut bahwa verifikasi faktual yang dilakukan Dewan Pers merupakan langkah awal bagi pihaknya untuk terus melangkah lebih maju dan baik.

“Ini bukan akhir, karena baru proses verifikasi. Setelah nanti mendapatkan status terverifikasi faktual, ke depan kami akan berbuat yang terbaik dan menjadi media pembeda dari media lainnya yang ada,” ucapnya. (*)

Sumber: https://www.rakyatterkini.com/2019/10/dewan-pers-verifikasi-faktual-rakyat.html